Teknik Sunat Tanpa Rasa Sakit

by -1,533 views
Foto Istimewa

Womensbeauty.id – Sunat adalah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis. Sunat biasanya dikerjakan dua hari setelah bayi lahir hingga anak-anak usia sekolah dasar.  Sunat atau khitan memiliki manfaat kesehatan, yaitu perlindungan dari penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih.

dr Diky Prasetya sedang melakukan khitan

Namun bagi kebanyakan anak-anak yang akan disunat atau dikhitan merasakan takut. Pasalnya, mereka langsung membayangkan rasa sakit atau perih karena kulit ujung penis dipotong dan mengeluarkan darah.

Namun, teknologi di bidang kesehatan semakin canggih sehingga prosedur sunat tidak lagi menakutkan dan tanpa rasa sakit. Ada dua cara sunat yang dipraktikkan di Rumah Khitan dr. Diky Prasetya yang sudah teruji dan aman dilakukan.

Pertama, Hipnokhitan. Hipnokhitan adalah cara sederhana dari teknik sunat, yang dilakukan saat akan memulai khitan seorang anak akan direlaksasi atau ditidurkan. Tujuannya ketika menjalani proses khitan anak tidak menyadari atau tidak tahu bahwa akan disunat sehingga anak tidak lagi merasa takut.

dr Diky bersama anak-anak yang sudah dikhitan

“Bayangkan jika anak itu tahu akan ada proses sunat, yang dipikirkan anak itu adalah pasti sakit terjadi tindakan pemotongan pada kulit ujung penis,” ucap dr. Diky, Owner Rumah Khitan dr. Diky Prasetya.

Kedua, teknik terbaru sunat menggunakan alat canggih, yang disebut Smart Klamp. Smart Klamp adalah proses penyunatan yang tidak lagi dijahit dan diperban. Pasalnya, Smart Klam merupakan suatu alat yang sangat efektif, bisa menutupi risiko terjadinya pengeluaran darah atau minimal terhindar dari infeksi.

Ketiga, teknik sunat lainnya adalah tidak disuntik. Penyuntikan tidak dilakukan karena anak merasa takut bila mendengar jarum suntik.

“Di Rumah Khitan dr. Diky hanya menggunakan obat bius yang dimasukkan ke dalam kulit tanpa rasa sakit,” ucap dr. Diky.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.