Tips Tetap Fit Saat Berpuasa

by -269 views
Foto Dok Glumory

Womensbeauty.id – Berpuasa di bulan Ramadhan tidak menjadi alasan cepat letih dan lelah. Banyak cara yang dapat dilakukan agar tubuh tetap fit dan bugar saat berpuasa, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini.

Berikut tips agar tetap kuat, bugar dan sehat selama menjalani puasa Ramadhan:

  1. Cukup Minum.

Sebaiknya dalam sehari minum cukup, minimal 2,5 liter atau 8 gelas per hari. Kurang minum menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi sehingga menjadi lemas dan kulitnya kering. Karena itu, sebaiknya mengatur minum saat berbuka puasa hingga sahur, sehingga kebutuhan air tercukupi selama berpuasa.

2. Makan Makanan Berserat.

Glumory Health & Beauty

Ketika sahur dan berbuka puasa sebaiknya cermat memilih pola makan sehat dengan banyak asupan serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, dan kacang-kacangan. Serat akan bertahan lama di lambung sehingga akan menekan lonjakan penurunan gula darah yang membuat seseorang lemas, tidak fokus dan mengantuk, serta menekan rasa lapar dan haus.

3. Jangan Abaikan Sahur.

Agar tetap fit saat berpuasa, jangan pernah tinggalkan waktu sahur. Pilih makanan yang sehat dan bergizi. Selain sayur-sayuran sebaiknya banyak konsumsi makanan tinggi protein agar lebih berenergi.

4. Mengurangi Minyak, Santan dan Garam.

Pola makan sehat berarti mengurangi karbohidrat simpleks seperti tepung, gula dan makanan berkalori tinggi. Untuk pengolahannya, kurangi penggunaan minyak, santan dan garam berlebihan karena mengakibatkan rasa haus.

5. Mengurangi Asupan Kafein.

Sebaiknya juga mengurangi minum minuman yang berkafein tinggi seperti teh hijau, kopi, cokelat kental dan minuman manis. Minuman tersebut bersifat diuretik.

6. Tidak Mengonsumsi Gula Berlebihan.

Saat menjalani puasa sebaiknya hindari konsumsi gula atau karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak, seperti nasi, roti, pastry, soda dan jus buah kemasan.

7. Istirahat Cukup.

Sebaiknya pada bulan puasa tetap mencukupi kebutuhan beristirahat atau tidur. Jangan terlalu capek beraktivitas dan mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang perlu.

8. Berolahraga.

Saat berpuasa tetap berolahraga yang dilakukan menjelang waktu berbuka puasa. Lakukan olahraga ringan seperti lari, naik sepeda, threadmill, berenang dan jalan santai.

9. Konsumsi Suplemen.

Agar tetap fit dan daya tahan tubuh tetap bagus ketika berpuasa, sebaiknya konsumsi suplemen saat sahur. Suplemen seperti Glumory Health & Beauty memiliki kandungan gluthathione sebagai masker antioksidan, marine collagen, dan Premix Vitamin A, B, C dan E ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tetap fit saat berpuasa seharian.

Konsumsi Glumory Health & Beauty secara rutin 1-2 sachet per hari, pada saat sahur dan berbuka puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *