Tips Agar Kolagen dalam Tubuh Tetap Bagus

by -450 views
Foto Ist

Womensbeauty.id – Kolagen diperlukan tubuh agar penampilan tetap awet muda. Berkurangnya produksi kolagen di dalam tubuh, membuat seseorang terlihat menua. Yang sangat terlihat, elastisitas kulit menurun sehingga kulit kendur dan menggelambir.  

dr. Cintawati Farmanina, M.Bio (AAM) menjelaskan kolagen merupakan proten alami dalam tubuh yang terdapat dalam kulit, tulang, otot, tendon dan ligamen. Untuk kulit, kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit, mencegah selulit dan membuat kulit tetap elastis.

dr. Cintawati Farmanina, M.Bio (AAM)

Sementara untuk otot, kolagen berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Untuk tulang, kolagen berfungsi untuk meredakan nyeri otot.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam kulit semakin berkurang. Biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun.

Selain itu, jumlah kolagen di dalam tubuh juga akan berkurang bahkan produksi kolagen menurun drastis karena faktor-faktor berikut ini:

  • Paparan sinar matahari yang berlebihan.
  • Merokok. Nikotin di dalam rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah perifer, sehingga suplai nutrisi ke kulit terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan kolagen di kulit.
  • Kurang tidur.

Menurut dr. Farmanina, ada beberapa ciri-ciri seseorang yang kandungan kolagennya menurun, antara lain:

  1. Kulit kering dan keriput, karena kolagen berfungsi melembabkan dan mempertahankan elastisitas kulit.
  2. Nyeri sendi, terutama sendi-sendi lutut.
  3. Otot-otot menjadi mengecil. Karena itu semakin tua orang semakin lemah untuk bergerak karena ototnya semakin mengecil.

dr. Farmanina mengatakan ketika seseorang mulai kekurangan kolagen, maka kita harus mengonsumsi asupan yang bisa merangsang terbentuknya kolagen. Misalnya dengan makan makanan yang mengandung Vitamin A dan C, atau makan makanan yang mengandung asam amino esensial seperti susu, daging, ikan, telur dan makanan laut.

Selain itu, ditambahkan oleh dr. Farmanina agar tetap awet muda sebaiknya berpikir positif, bergembira dan selalu bahagia, hindari merokok, dan hindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, menggunakan sunblock setiap hari, makan makanan bergizi dan berolahraga teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *