Tips Agar Terhindar dari Flek Hitam

by -421 views

Womensbeauty.id – Flek hitam membuat penampilan menjadi kurang cantik dan menarik. Wajah juga akan tampak kusam dan kotor. Tentunya tidak ada perempuan yang mau wajahnya ‘dihiasi’ flek hitam.

Apa itu flek hitam? dr. Rina Djijo dari RD House of Beauty mengatakan flek hitam atau melasma timbul pada kulit wajah karena meningkatnya produksi melanin dalam tubuh. Flek hitam ini bisa timbul pada bagian tubuh lain, seperti tangan, kaki dan tubuh.

Flek lebih mudah timbul pada kulit yang berwarna putih dan timbul di segala usia. Umumnya flek hitam ini timbul karena sering tepapar sinar matahari. Penyebab lainnya adalah faktor genetik, saat kehamilan dan obat-obatan.

dr Rina Djijo

Beberapa cara menghilangkan flek hitam adalah dengan cream pemudar flek, yang umumnya mengandung hidroquinon dan tretinoin. Namun, penggunannya harus berkonsultasi dengan dokter dan diawasi agar aman. Perawatannya memakan waktu lebih dari 6 – 12 bulan. Treatment lain untuk memudarkan flek hitam adalah laser dan peeling.

Selain itu, untuk mencegah timbulnya flek hitam:

– Menggunakan tabir surya SPF 30-50

– Menggunakan topi, payung, pakaian lengan panjang/penutup lain saat beraktivitas.

Sementara untuk penggunaan suplemen minuman untuk mengatasi flek, menurut dr. Rina, bisa digunakan bersamaan dengan treatment. Biasanya suplemen yang dikonsumsi mengandung antioksidan seperti astaxhantin, yang membantu kesehatan kulit, organ jantung dan kesehatan mata.

Suplemen yang mengandung gluthathione juga bagus digunakan. Gluthathione merupakan antioksidan yang dapat membantu perbaikan jaringan dan kolagen, yang berfungsi untuk membantu kulit menjadi lebih kencang dan cerah.

Menurut dr. Rina, memilih suplemen harus sesuai kebutuhan tubuh. Pasalnya, tidak ada penggunaan suplemen sebagai perawatan tunggal untuk flek hitam, semua dilakukan  secara bersamaan dengan melakukan perawatan sesuai problem kulit dan menggunakan suplemen minuman.

Suplemen minuman yang dapat dipilih untuk membantu memudarkan flek hitam yang mengandung gluthathione grade A, marine collagen, serta premix vitamin seperti A, B, C dan E.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *