Diet Sehat Cegah Penuaan Dini

by -329 views
Foto: Istimewa

Womensbeauty.id – Banyak wanita ingin terlihat cantik dengan tubuh langsing ideal dengan melakukan beragam jenis diet yang sedang populer. Diantara  berbagai jenis diet, yang dianjurkan dan bisa diterapkan seumur hidup adalah diet sehat. Dijelaskan dr. Diani Adrina, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari RS Pusat Pertamina, diet sehat merupakan diet yang memenuhi kebutuhan makanan kita yang bisa menjaga kesehatan dan aktivitas sehari hari serta proses daur ulang jaringan tubuh.

Diet sehat adalah diet yang komposisinya seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral. Tidak ada salah satu yang dihilangkan sama sekali seperti yang sedang tren saat ini misalnya tidak mengonsumsi karbohidrat atau nasi sama sekali. Pada diet tidak sehat hanya mengonsumsi buah saja atau sayur saja, atau diet tanpa garam.

Komposisi karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral tidak seimbang sehingga tidak bisa diterapkan dalam jangka panjang. Apalagi bagi orang yang menderita penyakit tertentu, seperti penderita diabetes jika diet makan pisang saja, justru akan membuat gula darah naik sesaat setelah makan pisang dan kemudian gula darah turun rendah (hipoglikemia).

Diet sehat justru akan membuat penderita penyakit menjadi sehat, dengan aturan main semua proporsinya seimbang dan tidak terlalu sering mengonsumsi satu jenis saja, seperti hanya mengonsumsi kacang merah saja yang memicu kenaikan asam urat pada orang yang memang menderita asam urat. Sebaiknya jenis makanan bervariasi dan semakin bervariasi akan semakin sehat.

Diet sehat seharusnya berlangsung seumur hidup bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja atau periode tertentu ketika sedang sakit supaya sehat kembali. Diet sehat sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan jaringan sehingga tidak mati lebih awal (early aging) atau penuaan dini. Diet sehat juga membuat seseorang lebih produktif dalam pekerjaannya, menjaga agar badan tidak obesitas dan tetap fit atau bugar.

Pola makan dalam diet sehat terdiri dari tiga kali makan utama dan tiga kali selingan. Sebagai contoh menu makan pagi atau sarapan roti 2 lembar, ditambah sumber protein selembar keju dibuat sandwich dengan tambahan tomat dan daun selada. Sumber serat dengan salad atau satu buah apel dan susu rendah lemak. 

Komposisinya tetap lengkap tidak hanya roti saja, tetapi ada roti, salad dan susu.  Pukul 9 atau 10 pagi konsumsi snack kalori rendah seperti buah, kue atau roti yang tidak digoreng seperti kue lumpur satu buah ukuran besar atau kue mangkok ukuran kecil dua buah. Kalori kue yang tidak digoreng jauh lebih kecil dibandingkan jika makan pastel satu buah. Dibolehkan sesekali mengonsumsi makanan agak berkalori tinggi 2 minggu sekali. Snack sore hari bisa mengonsumsi sepotong buah.

Menu makan siang dan makan malam komposisinya lengkap dengan porsi karbohidrat 100 gram untuk laki-laki dan 75 gram untuk perempuan. Dilengkapi lauk terdiri dari satu potong lauk hewani seperti ikan pepes atau pilihan lain ayam, dan satu potong lauk nabati seperti tempe goreng. Sayur semangkok misalnya kangkung cah dan buah satu potong. Buah dipilih yang banyak airnya tetapi tidak terlalu manis seperti apel, pir, jeruk dengan porsi satu butir dan untuk pepaya atau melon porsinya satu potong dalam satu kali makan. Penggunaan bumbu bisa menggunakan garam dan gula karena tubuh membutuhkannya, hanya saja tidak berlebihan.

Diet sehat juga bermanfaat untuk kecantikan seperti untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat dengan konsumsi kacang- kacangan. Dalam seminggu menunya bervariasi seperti kacang hijau, kacang merah, kacang mede. Untuk kecantikan kulit sebaiknya konsumsi lemak sehat seperti minyak bunga matahari untuk menumis, buah alpukat dan hindari lemak jenuh seperti mentega, kulit ayam, gajih daging sapi dan kambing.

Untuk pencegahan early aging atau penuaan dini sebaiknya hindari konsumsi glukosa terlalu banyak, karena glukosa terlalu banyak akan menghasilkan radikal bebas pada proses pembakarannya. Radikal bebas mengganggu peredaran oksigen dalam jaringan tubuh. Sebaiknya tidak terlalu sering konsumsi makanan yang kandungan gula murninya tinggi seperti coklat, es krim, sirup, minuman kemasan. Teh dan kopi diperbolehkan tetapi tidak terlalu banyak gula.         

Diet sehat harus diimbangi dengan olahraga teratur, menghindari merokok dan hasilnya untuk kecantikan akan terlihat dalam 2 minggu. Komposisi menu diet sehat lengkap seperti nasi, lauk nabati dan hewani, sayur dan buah. Yang penting diperhatikan adalah ukuran atau porsinya. Terkadang kalau merasa makanannya enak sering menambah porsi.

Dianjurkan untuk lauk seperti ayam porsinya satu paha, daging ukuran seperti rendang, sayuran satu mangkok kecil, buah satu butir atau satu potong untuk melon atau pepaya. Selain itu minum harus cukup sekitar 8 gelas sehari untuk membantu proses pencernaan dan menangkal rasa lapar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *