Hidung Mancung Secara Instan dengan Implan

by -38 views
Ilustrasi hidung mancung (Foto: Istimewa)

Womensbeauty.id – Tidak semua orang beruntung memiliki pangkal hidung atau tulang hidung yang tinggi, dengan cuping hidung yang kecil. Implan hidung akan membuat hidung lebih mancung dan menarik secara permanen. Implan berarti ada sesuatu yang dimasukkan untuk menambah massa/bentuk hidung supaya lebih tinggi dan bentuk yang diharapkan, namun tetap proporsional.

“Biasanya akan disesuaikan dengan bentuk cuping hidungnya dari dalam ke bentuk yang lebih ideal, dari bulat gepeng ke samping, ke bulat lonjong ke depan,” jelas dr. Laurentius Ariawan Widyanto, Med, SpBP, dokter spesialis bedah plastik dari Clinique Suisse.

Dalam proses pengerjaan tindakan Implan Hidung, tingginya hidung disesuaikan dengan bentuk asal hidung juga kelenturan kulit yang bisa merenggang seberapa jauh. Selain itu, tingginya hidung disesuaikan dengan bentuk wajah pasien dan permintaan. Saat ini, kebanyak pasien menginginkan bentuk hidung yang natural tetapi mancung.

Saat ini, jenis implan yang lebih banyak diminati adalah yang bentuknya lebih alami, yang lunak dan menyerupai konsistensi tulang rawan yang asli. Umumnya, pasien meminta kalau mencium tidak teraba keras, tetapi teraba konsistensinya mendekati normal.

Sebelum menjalani tindakan Implan Hidung, pasien harus menjalani tes laboratorium dengan hasil semuanya sehat. Selain itu, dianjurkan menghindari makanan atau minuman penyebab darah menjadi encer, seperti Aspirin, alkohol, merokok, vitamin, suplemen dan jamu-jamuan.

Saat pengerjaan, pasien diberi penenang, lalu disuntik bius lokal. Proses pengerjaan berlangsung selama 1-1,5 jam bila tidak ada masalah. Setelah tindakan, pasien dapat langsung pulang. Biasanya dalam lima hari pertama akan timbul bengkak. Hasilnya, dalam 2-3 minggu sudah terlihat relatif bagus.

“Penting diperhatikan, jika dijaga, tidak banyak bergerak atau digerakkan bagian hidungnya, serta menuruti nasihat dokter, maka perdarahan ulang sangat jarang terjadi. Sebaiknya banyak beristirahat, tidak banyak berekspresi di daerah sekitar hidung, dan olesi dengan salep antibiotik di bekas jahitan sampai cabut jahitan,” paparnya.

Pengerjaan tindakan Implan Hidung dilakukan oleh dokter yang sudah terlatih dan memiliki izin untuk melakukannya secara legal, yaitu dokter spesialis bedah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *