Komunitas Peace and Love: Menebar Damai dan Cinta Kepada Sesama

by -46 views
Komunitas Peace and Love Jawa Timur (Foto: Dok Peace and Love)

Womensbeauty.id – Komunitas Peace and Love merupakan komunitas wanita yang bergerak di bidang sosial. DPD Peace and Love Jawa Timur berdiri sejak bulan November 2015 dan sudah berbadan hukum di bawah Kementerian Sosial serta memiliki AD/RT. Saat ini komunitas Peace and Love dapat dijumpai di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Lombok, Batam dengan jumlah anggota mencapai 5000 orang.

Banyak kegiatan sosial yang dijalankan Komunitas Peace and Love. Salah satunya DPD Peace and Love Jawa Timur yang saat ini memiliki anggota sekitar 127 orang dari para wanita dengan latar belakang profesi berbeda, seperti wanita karier, sosialita dan ibu rumah tangga. Setiap anggota wajib membayar iuran charity Rp 100 ribu setiap bulannya. Uang iuran tersebut harus disalurkan di bulan yang sama dan tidak boleh diendapkan.

Ketua Komunitas Peace and Love Jawa Timur Asrilia Kurniati Bambang Haryo, Peace and Love Jawa Timur menyalurkan dana charity secara tepat sasaran kepada orang-orang yang memang membutuhkan. Sebelumnya akan dilakukan survei supaya orang yang akan dibantu benar-benar membutuhkan. Anggota bisa memberikan ide calon penerima bantuan yang akan disurvei terlebih dahulu apakah benar membutuhkan atau hanya memanfaatkan saja.

Peace and Love Jawa Timur sudah mengadakan kegiatan sosial  di berbagai wilayah di Jawa Timur seperti Lamongan, Gresik, Tulungagung, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Probolinggo, dan Malang. Pada bulan bulan Mei 2018 Peace and Love Jawa Timur mengadakan kegiatan sosial di Lumajang. Kegiatan sosial yang dilakukan tidak hanya membantu korban bencana alam, tetapi juga memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di daerah pelosok.

Penyaluran dana bantuan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan, bukan hanya ke panti asuhan atau panti jompo, tetapi kepada orang yang tepat sasaran. Salah satunya bantuan diberikan kepada ananda Soleh yang masih kelas 6 SD tinggal dengan ibunya di rumah yang sangat tidak layak.

Komunitas  Peace and Love Jawa Timur menggalang dana santunan untuk ananda Soleh melalui penjualan 21 lukisan karya wanita di Jawa Timur, dan sudah terjual sebanyak 15 lukisan di acara Kartini Day bertema Perempuan dan Karya bulan April lalu. Hasil penjualan 15 lukisan tersebut digunakan untuk membedah rumah yang ditempati ananda Soleh dan ibunya.

Di momen Ramadhan tahun lalu, pada 30 Mei 2018, Peace and Love Jawa Timur memberikan bantuan kepada sekitar 500 anak yatim piatu dan 500 anak kaum dhuafa. Acara diadakan di masjid Al Akbar Surabaya, masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal.

Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, acara serupa diadakan di hotel dan untuk tahun ini diadakan di masjid supaya bisa buka puasa bersama – sama di halaman masjid, bisa beribadah bersama dari sholat Ashar sampai sholat Tarawih bersama, dengan acara yang membuat anak-anak panti asuhan merasa senang dan bergembira.

Setelah kegiatan di Masjid Al Akbar bulan Ramadhan, Peace and Love Jawa Timur akan mengadakan mini konser di Hari Anak Nasional  23 Juli. Di acara tersebut akan ada penampilan dari anak-anak disabilitas dan berkebutuhan khusus dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) dan Yayasan  Pemimpin Anak Bangsa (YPAB).  

Peace and Love Jawa Timur juga telah melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Lamongan Jawa Timur dan menyaksikan anak-anak berkebutuhan khusus yang memiliki kemampuan luar biasa   seperti membatik, fashion show, fasih membaca Al Quran dengan suara merdu, bisa menyanyi, bisa membuat karya-karya aksesori dan lainnya.

Rasa haru dari para anggota komunitas Peace and Love Jawa Timur muncul menyaksikan kemampuan anak-anak disabilitas dan berkebutuhan khusus. Peace and Love Jawa Timur berencana untuk mengikutsertakan anak-anak dari SDLB Lamongan mengikuti event pentas seni di Hari Anak Nasional serta bazaar karya anak-anak SDLB Lamongan. Di event tersebut juga akan diberikan layanan pemeriksaan gigi gratis dari dana penjualan tiket bagi pengunjung yang datang ke event.

Peace and Love memiliki makna cinta dan damai dengan visi dan misi untuk sosial. Peace and Love ingin menebarkan damai dan cinta pada semua orang di lingkungan sekitar yang memang membutuhkan uluran tangan, kepedulian dan perhatian. Bukan untuk kepentingan bisnis atau eksistensi maupun kepentingan diri sendiri, dan tiap anggota tidak digaji dan tidak ada owner sama sekali.

Setiap kali acara bakti sosial anggota dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfie. Dokumentasi acara ditangani oleh panitia yang ditunjuk dan setelah acara bakti sosial selesai baru dibagikan kepada setiap anggota. Selain itu, setiap anggota disupport untuk tidak segan turun ke lapangan membantu dan merangkul orang yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Alhamdulillah anggota kita semua tidak segan ke lapangan, berjiwa sosial sekali. Kita mau memberikan pengaruh positif pada semuanya termasuk komunitas-komunitas lain. Kita harus kita galakkan karena kita harus peduli pada lingkungan sekitar kita. Tidak  ada lagi yang hanya mementingkan diri sendiri,” terang Asrilia.

Peace and Love Jawa Timur juga dipercaya membuat satu operet yang menyentuh  sebagai wanita yan harus menjadi jembatan pemersatu bagi generasi muda. Sebagai wanita atau sebagai ibu harus bisa menjadi jembatan pemersatu agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah. “Karena itu sebarkan semua cinta damai, jangan sampai Bhinneke Tunggal Ika hancur karena kepentingan pribadi. Di Indonesia tidak ada minoritas dan mayoritas, semua sama,” jelas Asrilia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *