Jus Kentang Dapat Cegah Batu Ginjal

by -757 views

Womens.com – Kentang dikenal sebagai sumber karbohidrat yang mengenyangkan dan dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi pada mereka yang sedang berdiet. Ternyata, kentang juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit batu ginjal. Kentang (Solanum tuberosum) merupakan sayur-sayuran yang dimakan atau umbi-umbian bertepung.

Kentang mengandung vitamin seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B Kompleks, serta Vitamin B6 (piridoksin). Kentang juga mengandung thiamin, niacin, asam pantotenat dan folat. Di samping itu, kentang mengandung banyak mineral seperti besi, mangan, magnesium, fosfor, tembaga dan kalium. Kentang  juga mengandung antioksidan flavonoid.

Dikatakan oleh Dr. A.R. Adji Hoesodo, MD (H), SH, MM, MH, Dipl.L, CIBTAC, kentang bisa mencegah sakit ginjal, terutama batu ginjal. Namun, untuk kasus sakit gagal ginjal, tidak bisa diatasi dengan kentang. Pasalnya, kentang tinggi kandungan potasiumnya dan seseorang yang terkena penyakit gangguan ginjal sebaiknya menjalani diet rendah potasium.

Kentang mengandung zat besi dan kalsium yang juga membantu pembentukan batu ginjal. Namun, karena kentang sangat kaya akan magnesium maka dapat menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jaringan lain. Sehingga kentang terbukti bermanfaat dalam mengobati batu ginjal.

Untuk mengatasi sakit batu ginjal, kentang bisa dimasak terlebih dulu maupun tidak. Setelah itu, kentang dibuat jus. Karena sebagian besar nutrisi dari kentang terkandung di dalam atau bawah kulit kentang, maka dianjurkan tidak mengupas kentang ketika membuat jus kentang. Kentang yang bergizi mudah dicerna sehingga cocok untuk segala jenis usia. Kentang juga memiliki sifat diuretik, menenangkan, anti-spasmodik dan membantu pencernaan.

Namun untuk efektivitas dari cara membuat jus kentang tidak cukup sekali dilakukan. Untuk pencegahan batu ginjal, jus kentang bisa dikonsumsi secara rutin setiap hari. Karena berbahan alami maka jus kentang aman dikonsumsi. Namun, bagi penderita gagal ginjal tidak disarankan untuk minum jus kentang.

Selain jus kentang, untuk mencegah sakit batu ginjal adalah dengan makan ikan, alpukat dan brokoli. Seperti brokoli kaya kandungan magnesium yang dapat mencegah penumpukan mineral oksalat. Bahan-bahan ini dapat dikonsumsi setiap hari dengan  konsumsi yang bervariasi untuk mengurangi terjadinya efek samping. Di samping itu, untuk mencegah sakit batu ginjal sebaiknya banyak minum air putih dan mengurangi asupan garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *