Daun Mint Bikin Gigi dan Gusi Sehat

by -1,689 views

Womens.com – Daun mint (Mentha piperita L.) memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya untuk merawat kesehatan gigi dan gusi. Bagi Anda yang mengalami masalah gigi dan gusi bisa mencoba mengonsumsi daun mint yang banyak dijumpai di pasaran.

Menurut dr. Erna Cipta Fahmi, M.Pharm, herbalis sekaligus owner Kebon Qta, kandungan utama daun mint adalah menthon 23,4 persen dan menthol 40 persen yang membuat daun mint bisa menghasilkan rasa hangat dan harum. Kandungan nutrisi dalam daun mint di antaranya Vitamin C, provitamin A, fosfor, besi, kalsium dan potassium.

Dalam 100 gr daun mint terdapat 27 persen serat diet, 3 persen karbohidrat, 1persen lemak, 2 persen kalori, dan 7 persen protein. Daun mint juga mengandung 66 persen zat besi, 20 persen kalsium, 16 persen  magnesium, 13persen potassium, 56 persen mangan, 81 persen Vitamin A, 26 persen asam folat, 8 persen Vitamin B6, 10 persen riboflavin, dan 22 persen Vitamin C.

Infeksi yang mengganggu kesehatan gigi bisa diatasi dengan daun mint. Daun mint mengandung zat antibakterial dan antiinflamasi yang baik untuk menjaga dan merawat  kesehatan mulut, bahkan mampu mencegah dari kerusakan gigi permanen. Sakit gigi disebabkan banyak hal seperti gigi berlubang yang rentan terinfeksi kuman dan kotoran sisa makanan dan tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi. Selain berkhasiat untuk mengobati sakit gigi, daun mint juga bisa menghentikan perdarahan pada gusi karena mempunyai sifat antiradang.

Khasiat daun mint untuk merawat gigi dan mulut dilakukan dengan cara menggosokkan  daun mint pada mulut 2 kali sehari. Dengan demikian, mulut kita akan terhindar dari bakteri yang merugikan. Caranya dengan mengunyah daun mint lalu diletakkan di atas bagian gigi yang sakit. Sensasi dingin daun mint bisa mengurangi rasa nyeri  pada sakit gigi. Setelah ditempel ke gigi yang sakit bisa digunakan untuk berkumur.

Dosis yang dipakai sekitar 10 gram daun mint segar atau satu genggam tangan. Selain dikunyah langsung, daun mint bisa dihaluskan dengan ditumbuk terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada gigi yang sakit.  Jika menggunakan daun mint dalam bentuk olahan berupa daun kering dosisnya antara 15-30 gram. Seperti teh celup daun mint membutuhkan sekitar 7–14 kantong teh celup dengan berat tiap kantong teh celup sekitar 2 gram.

Pengolahannya dengan cara direbus menggunakan api kecil dan dari dua gelas air tinggal satu gelas lalu dipakai untuk kumur-kumur. Konsumsi pada saat sakit gigi sekitar 3 kali sehari. Daun mint bisa dikonsumsi siapapun selama dosis terukur. Sebaiknya daun mint dikonsumsi dalam bentuk segar dibanding sudah diolah. Daun mint yang sudah diolah dalam bentuk teh celup bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *